Pages

Wednesday, October 7, 2015

My Acne Story T_T

Hello, Younique! Setahunan ini blog kaga diupdate, udah tebel aja debunya wkwk. Akhirnya ada semangat lagi buat nulis blog! Kali ini aku mau cerita pengalaman menjengkelkan dan menyedihkanku tentang jerawat. Semoga aja pengalamanku ini bisa menjadi pembelajaran buat teman-teman yang membaca post ini. Sebelumnya mau ingetin dulu kalau post ini bakal panjannggg! So, brace yourself. Okelah, mari kita mulai!

Sebelum kejadian ini, wajahku bukan yang mulus-mulus banget tapi juga bukan wajah yang berjerawat. Biasanya jerawat muncul saat PMS atau karena terlalu sering lupa membersihkan wajah sebelum tidur. Kenapa aku bilang terlalu sering? Karena kalau aku lupa sekali atau dua kali, tidak akan langsung muncul jerawat. Jujur aja, baru sekitar 2 tahun ini aku rajin membersihkan wajah sebelum tidur. Padahal dari dulu aku rajin gosok gigi sebelum tidur tapi anehnya terlalu malas untuk sekalian membersihkan wajah (ckck, aneh ya kenapa ga sekalian). Kalo muncul jerawat juga ga pernah banyak, paling sekitar 1-3 jerawat yang muncul. Pokoknya dulu ga pernah deh jerawatan yang sangat parah.


Sebelum kejadian ini juga, skincare yang aku pake itu cuma facial wash, pelembab, sama gel anti jerawat (kalau jerawat muncul dan ga selalu rutin beli). Ga pernah pake skincare yang macem-macem. Oh ya, syukurnya hingga saat ini, aku belum pernah ada pengalaman breakout karena make up. Jadinya pengalaman jerawatnya karena apa?

Jadi begini, sekitar pertengahan tahun lalu aku akhirnya memutuskan untuk mencoba jenis skincare lain dengan tujuan supaya kulit lebih mulus dari bekas jerawat. Awalnya aku coba dari sample skincare yang aku dapat dan aku beli. Entah kenapa selama coba sample skincare tersebut, selalu aja muncul jerawat. Jerawat yang muncul ga banyak sih tapi kalau sudah hilang satu, muncul lagi jerawat yang baru. Awalnya aku berpikiran positif aja, kali aja ini yang namanya purging (entahlah ini pemikiran polos atau bodoh). Pas sample-sample itu habis, aku putuskan untuk tidak beli lagi baik sample ataupun full sizenya.

Ga lama setelah aku berhenti coba-coba, aku putuskan membeli satu skincare yang tahun lalu sangat booming itu. Aku tertarik beli karena fungsinya yang memudarkan bekas jerawat, apalagi banyak banget review positif tentang produk ini. Dengan harapan tinggi demi kulit yang mulus, aku coba deh produk ini. HA! Boro-boro bekas jerawat yang memudar, sama aja seperti sebelumya hilang satu jerawat, muncul jerawat baru. Tetap dengan pikiran positif (atau bodoh)ku, kali aja ini yang namanya purging (-_-) dan aku pakai produk ini sampai habis. Awalnya, aku rencana mau buat review untuk produk ini. Aku udah foto wajahku sebelum dan sesudah pemakaian. Pas aku bandingin fotonya, langsung hilang niat untuk mereview! Malah lebih banyak jerawat di foto sesudah daripada sebelum! Tappiii.. ini bukan bagian terburuknya.

Setelah produk itu habis dan tidak efektif di wajahku, aku beli lagi skincare lain yang saat itu juga sangat booming di tahun lalu, harganya tergolong sangat mahal buatku, dan saat itu juga banyak sekali review positif tentang produk ini. Karena menurutku sangat mahal dan aku tidak mampu membeli full sizenya, aku beli yang di-share. Memang saat menggunakan produk ini, pas bangun tidur wajah jadi lebih cerah, halus, dan jerawat ga hilang muncul lagi. Pas produk ini habis, aku putuskan ga beli lagi karena ga sanggup sama harganya kalau beli terus-menerus.

Sekitar bulan Oktober tahun lalu, aku menemani keluargaku berbelanja. Saat mampir di salah satu store/konter merk kosmetik ternama, tanteku menawarkan aku untuk memilih satu produk buatku. Karena setauku merk ini lebih terkenal dengan skincarenya, aku putuskan untuk memilih salah satu produk skincarenya dari series untuk kulit berminyak/berjerawat.

Saat menggunakan produk ini, jerawat muncul lagi tapi tidak seperti sebelumnya yang hilang muncul. Pelan-pelan jerawat mulai bermunculan satu persatu tanpa ada yang hilang! Lagi-lagi dengan pikiran positif (atau bodoh)ku, kali aja ini yang namanya purging apalagi produk yang aku beli kan dari series untuk kulit berjerawat dan merk yang jelas (lagi-lagi terlalu polos atau bodoh -_-). Dengan pikiran positif (atau bodoh) itu, aku lanjutkan pemakaiannya.

Rasa khawatir dan panik mulai muncul saat bermunculan banyak jerawat di dahiku. Kenapa aku baru panik? Karena daerah wajahku yang paling jarang muncul jerawat adalah dahi! Walaupun aku suka pake poni dan ada pernyataan kalau poni merupakan salah satu penyebab jerawat, tetap aja jerawat paling jarang muncul di dahi. Dari sini aku mulai curiga kalau aku ga cocok sama produk ini (telat coy telaattt!!). Dan dari sini juga, langsung aku stop menggunakan produk ini.

Berhenti pake bukan berarti jerawatnya berhenti muncul atau berkurang, malah jerawatnya semakin banyak dan menjadi-jadi! T__T Ga ngerti deh gimana, tiba2 aja langsung muncul banyak dan besar-besar! Seumur-umur baru kali ini ada jerawat seperti itu muncul di wajahku. T__T Sangking banyak dan besarnya, udah bukan seperti jerawat lagi menurutku. Udah seperti bisul atau apalah, pokoknya sedih banget kalo ingat bentuk wajahku waktu itu. T__T

Sebenarnya aku agak berat mau tunjukin fotoku waktu itu, cuma kan nanti kaya kata orang-orang no picture = hoax hahaha. Jadi aku akan tunjukan kondisi wajahku saat itu dan fyi aja sih, foto ini adalah foto satu-satunya yang aku punya saat mengalami kondisi jerawat parah tersebut. Muka lagi hancur dan jelek, hilang sudah nafsu buat foto-foto atau selfie. Nunjukin wajahku ke orang lain aja rasanya malu dan ga pede sama sekali. T__T Jadi inilah kondisi wajahku saat itu T__T










(Fokus ke crepes nya aja ya, lebih enak dilihat crepesnya hahaha T_T)

Kalo liat foto itu, rasanya sedih banget jadi keinget kalau mukaku pernah separah itu T_T -> (bakal banyak emot ini). Foto ini diambil tanggal 2 Januari kemaren. Mulai tumbuh jerawat parah ini pas pertengahan November tahun lalu, jadi wajah di foto ini adalah wajah yang telah menderita jerawat parah lebih dari sebulan. Bayangin, udah sebulan lebih masih separah itu. T_T

Rasa malu, tidak percaya diri, marah sama diri sendiri, semua campur aduk saat aku jerawatan parah ini. Kemana-mana selalu pake masker, bahkan cuma keluar kosan untuk membeli makanan pun aku selalu pake masker. Orang-orang yang kukenal jadi mengira kalau aku sakit karena selalu pake masker kemana-mana. Ketika aku tunjukkan wajahku, mereka semua kaget. Ga usah teman yang ga ketemu dalam hitungan minggu, teman yang ga ketemu hitungan hari bahkan teman satu kosan yang ketemu tiap hari aja terheran-heran sama wajahku yang mendadak banyak jerawat ini. T_T

Mau ngandelin make up juga ga bisa karena make up yang kupunya ga mampu menutupi tekstur tonjolan si jerawat itu. Udah aku coba make up sedempul mungkin, tetap aja orang tau kalau aku jerawatan (entah skill kurang atau makeupku kurang oke atau emang terlalu parah untuk bisa ditutup). Jadi selama jerawatan ini, aku ga pernah pake makeup kecuali pensil alis. Ada kejadian nih waktu aku nyariin bedak buat mamaku di salah satu drugstore, aku datengin rak make up A. Eh, tiba-tiba muncul BAnya langsung ngomong begini, "Kak, mending beli bedak merk B aja. Ini lebih ringan loh buat kulit BERJERAWAT." Namanya orang lagi malu dan ga pede, jadi sensi dong pas dia ngomong begitu apalagi udah aku tutup mukaku pake masker. Langsung aja aku bilang, "Bukan, mba. Ini buat mama saya." Trus si BAnya terdiam dan langsung ngacir deh wkwk.

Teman-teman pada menyarankanku untuk ke dokter tapi masalahnya mereka juga ga tau ke dokter mana. Sebagai pendatang di Bogor, aku juga sama sekali ga tau dokter kulit yang bagus dimana. Aku juga ga berani untuk mencari dan mencoba, selain ga ada referensi, aku juga ga siap secara dana. Takutnya saat aku berobat, banyak biaya yang harus dikeluarkan. Jadi aku putuskan untuk berobat di Bandar Lampung saja sekalian bareng sama orangtuaku.

Nasib pulang saat libur Natal dan Tahun Baru jadi aja setiap pergi ke dokter, tempat prakteknya selalu tutup. Daripada nunggu dokter kelamaan, mama akhirnya memaksaku buat ngobatin jerawatnya pake ini

Jeruk nipis (Image Source: organicfacts.net)

Awalnya aku ga mau karena ga siap ngebayangin gimana perihnya. Tapi mamaku terus memaksa, ya udahlah ya daripada jadi anak durhaka wkwk akhirnya aku mau. Pas olesin air jeruk nipis ke wajahku, buseettt tak terkatakan deh perihnya! Muka yang ga ada masalah aja berasa perih kalo dioles jeruk nipis, apalagi yang jerawatan! Jadinya kegiatan rutin soreku sebelum mandi adalah ngolesin air jeruk nipis ke muka. Karena kegiatan rutin ini, aku dan mamaku jadi ngerasa ga perlu lagi ke dokter karena proses penyembuhannya yang cukup signifikan dan cepat! Jerawat mulai mengering dan mengempes. Selain jeruk nipis, tiap hari aku juga rutin minum obat jerawat Darsi:

Itung-itung bantu dari dalam (Image Source: jamuborobudur.com)

Sama obat oles jerawatnya Sariayu:

Sariayu Intensive Acne Care (Image Source: tipsaneh.blogspot.com)

Menurutku Sariayu Intensive Care itu obat jerawat oles paling ampuh yang pernah aku coba. Kalau bukan karena jerawatan parah kemaren, aku ga coba-coba nih produk Sariayu satu ini. Produk ini jadi favoritku hingga sekarang. Tapi menurutku jeruk nipislah yang berperan besar mengobati jerawatan parah saat itu. Ini hasil dari 17 hari setelah menggunakan 3 benda tersebut










Jerawatnya mulai kempes dan mengering T_T

Foto ini diambil tanggal 19 Januari kemaren. Akhirnya berani selfie lagi gara-gara abis potong rambut hahaha. Dalam 17 hari, menurutku perubahannya cukup signifikan dan aku mulai berhenti menggunakan masker di fase ini. Tapi tetep masih belum berani pake make up kecuali pensil alis.

Pas lagi batuk parah nih makanya gegayaan pake scarf padahal males -__- hahaha

Foto ini diambil tanggal 19 Februari kemaren. Di foto ini, aku udah mulai berani pake make up karena benjolan jerawat sudah jauh berkurang sehingga tidak terlihat aneh kalo dipakein base make up. Tapi tetap aja sih masih keliatan jerawat dan bekasnya di foto. Kayanya pas fase ini, aku udah mulai jarang dan males-malesan pake jeruk nipis tapi masih rajin minum Darsi dan pake Sariayu.


Foto ini diambil tanggal 1 April, beneran loh ini fotonya bukan April Mop -_-. Ini aku pake make up ya bukan bener-bener udah semulus ini. Saat itu jadi lebih enak ngaplikasiin make up di wajahku karena tekstur wajah menjadi lebih baik. Di fase ini, aku udah berhenti pake jeruk nipis dan mulai malas dan jarang minum darsi, tapi masih rajin pake Sariayu. Dan inilah wajahku yang sekarang!













Ini hasil kameranya agak lebay sih -_-, aslinya masih cukup banyak bekas jerawatnya. kalo diperhatiin baik2 fotonya, keliatan masih ada bintik coklat dan merah bekas jerawat. Aku juga bingung tuh kenapa yang di hidung masih ada. Entah itu jerawat sisa kemaren atau bekas luka karena jerawat kemaren, tapi udah lama nangkring belum hilang-hilang juga dari hidung.

Puji Tuhan banget kondisi kulitku sekarang udah jauh lebih baik, kalau pun muncul jerawat ya jerawat yang normal seperti sebelum kejadian ini. Jujur masih ada penyesalan karena tekstur kulitku yang sekarang jadi tidak sebagus dulu karena bekas jerawat, apalagi ada bekas jerawat yang cukup dalam. Kalau dipakein base make up ya kurang halus aja keliatannya (mungkin karena skill juga kurang atau produk yang aku punya masih kurang tokcer hahaha).

Untuk skincare juga aku udah ga mau macem-macem lagi, milk cleanser, toner, facial wash, pelembab, sunblock, sama Sariayu Intensive Care. Sebisa mungkin aku pake produk skincare yang gampang dicari dan terjangkau. Dan skincare aku sekarang semua produk lokal dan produk yang gampang dicari di supermarket. Sekarang mau coba-coba skincare juga jadi hati-hati banget. Oh ya, udah beberapa bulan ini aku coba pake lotion Hadalabo, puji Tuhan cocok! Emang nih muka cocoknya sama skincare yang gampang dan terjangkau ternyata hahaha.

Semoga aja pengalaman aku ini bisa bermanfaat dan jadi pembelajaran bagi yang lain. Ga semua orang juga bisa cocok atau ampuh dengan cara-cara yang aku pake buat mengatasi jerawat karena kondisi kulit tiap orang juga berbeda. Tapi semoga cara-cara aku diatas bisa menjadi alternatif buat kalian yang mungkin lagi berjuang melawan jerawat. Bersyukurlah buat kalian yang tidak pernah ada masalah sama wajahnya walaupun udah coba berbagai skincare atau make up.

Sebelum post ini berakhir, aku mau kasih pesan dan saran. 
1. Buat kamu yang punya masalah jerawat karena banyak coba-coba, aku saranin sebaiknya berhenti untuk coba-coba. Mungkin aja kondisi kulitmu sama sepertiku yang ga bisa dipakein yang macem-macem. 
2. Jika saat kamu coba satu produk dan ga lama langsung muncul jerawat apalagi dengan jumlah yang melebihi biasanya, lebih baik hentikan aja sebelum semakin banyak. Kita juga belum tentu tau kan kalau itu purging atau breakout.
3. Kalau kamu udah cocok sama suatu produk, tetaplah bertahan sama produk tersebut.
4. Aku ngomong seperti ini bukan berarti aku udah ga tergoda sama yang namanya coba-coba. Boleh kok coba produk lain tapi jangan sekaligus coba berbagai produk. Karena kalau muncul masalah, kita ga akan tau sumber masalahnya yang mana. Coba satu produk dulu, jadi kalau ada masalah, kita tau sumbernya.
5. Jangan gampang tergoda karena review. Keberadaan review emang sangat berguna banget buat referensi. Apalagi kalau produk tersebut banyak review positifnya, siapa sih yang ga tergoda? Tapi balik lagi, kulit tiap orang kan berbeda. Belum tentu yang orang lain cocok juga bisa cocok di kita. Apalagi kalau kamu udah sadar jika kulit kamu ga bisa dipakein yang macem-macem, mending tahan-tahan aja daripada salah-salah nanti menyesal.

Akhirnya selesai juga post ini. Mohon maaf jika ada kata yang salah. Semoga pengalamanku ini bisa bermanfaat buat yang lain. Terima kasih sudah membaca! Semoga aku ga malas lagi ya untuk membuat post selanjutnya hahaha. ^^

39 comments:

  1. yaampun parah amat ya efeknya di km yun >__<
    syukurlah udah jauh lebih baik yaa..
    skrg km pke skincare apa dong?
    sekali2 boleh jg aku coba jeruk nipis yaa.. jd merinding bayangin rasanya x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ce, Puji Tuhan banget. sedih banget kalo inget muka waktu itu T_T. kayanya boleh nih post selanjutnya aku ngebahas skincare yang aku pake dari masa jerawatan parah itu sampe sekarang. ayo, dicoba deh jeruk nipisnya kalo pas muncul jerawat. tahan2 aja perihnya, yang penting muka kembali bagus lagi hahaha

      Delete
  2. Mungkin boleh di share jg produk skincarenya (dgn inisial mungkin). Krn kadang beberapa produk di pasaran emang bagus unt kulit Asia.

    Aku krng cocok pake Kiehls, ngga efek apa2 padahal udh pk rangkaiannya. Tp di beberapa org itu bgs. Trs aku pake SKII cocok, tp di beberapa org mlh jd purging or kusam.

    Buat referensi aja. At the end emang semua tergantung kulit masing2. Jd cocok2an. Btw tomat n madu jg bgs unt masker. Mungkin km cocokny pk bahan alami gitu krn kulitnya mungkin sensitif.

    Semangat unt perjuangannya ya. Sekarang udh jauhhhh bgt. Bagus. Thanks for share... Salam kenal :)

    imtheonlydaughter.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ^^
      Sebenarnya udah terpikirkan olehku sebelum buat post ini untuk sebut inisial atau clue dari produk yang menyebabkan masalah di wajahku tapi aku urungkan karena takut jadi masalah dan kontra. tapi nanti aku pertimbangkan lagi deh. Kalo aku udah siap sebut inisial atau clue, nanti aku kabarin kamu updatenya ya ^^.
      Boleh nanti aku coba tomat dan madunya, sapa tau ampuh buat menghilangkan bekas jerawat. Hahaha, sepertinya gitu, mukaku ga bisa yang macem-macem sepertinya untuk skincare.
      Terima kasih ^^ iya, bersyukur banget mukaku yang hancur itu bisa pulih seperti sekarang. Semoga bermanfaat ya post ini :)

      Delete
    2. Temenku juga ada yang begitu, dia pake skincare yg semacam obat dokter gitu tp dijual bebas, pas pake bagus, pas udahannya ancur. Sampe sekarang jerawat di kening masih muncul. Jd obatnya seperti pemicu munculnya jerawat yang ngga pernah - pernahnya ada itu.

      Sekali lg. Thanks for sharing ya. Good luck untu treatment berikutnya.

      Delete
  3. Huhu ikutan sedih pas liat tiba2 mukanya berjerawat parah T_T
    Untungnya sekarang udah mulus yah.
    Btw jeruk nipisnya menggoda iman banget! Laen kali kalo lagi ada jerawat aku mau coba juga ah hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sedih banget kalo inget mukaku pernah sehancur itu T_T. Puji Tuhan, sudah pulih kembali. hahaha, aslinya belum mulus sher. masih berjuang melawan bekas-bekasnya T_T. iya, coba deh kalo lagi muncul jerawat. tahan-tahan aja perihnya, yang penting kulit kembali bagus ^^

      Delete
  4. Jangan2 sy jg bgtu,,,soalnya tiba2 muncul jerawat gede (mirip bisul) di hidung,,sakit lagii,,,trus kalo udah kempes,,,bekasnya g mau ilang,,,kalo dia mo muncull,,ya di idung lagiii,,,padahal dulu g gini,,,tapi berkat skincare muka jadi haluss cerah,,but jerwatnya itu lohh,,,

    Ifrillahtjaerah@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga waktu pake skincare sebelum yang terakhir itu, kulitku juga jadi lebih cerah walau jerawatan. duh, jangan sampe jerawat kamu nambah banyak. coba aja olesin jeruk nipis di jerawatnya. kalo masih muncul2 terus jerawatnya, kataku mending stop dulu.

      Delete
  5. Mau nanyaa dong... Kalo minum darsi ada efek purging gitu gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena saat itu aku minum darsi pas jerawatnya lagi parah2nya, jadi aku kurang tau kalo purging apa engga. sepengalaman aku sih ga ada masalah, soalnya aku minum darsi sampe jerawatnya bener2 kering dan ga ada jerawat2 parah yang muncul lagi. ^^

      Delete
  6. Tanya dong, beli darsi dimana? Tersedia bebas di drug store gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari darsi gampang kok. aku dulu beli di apotik atau supermarket. dia dijual bebas, ga perlu pake resep. selamat mencari darsinya ^^

      Delete
  7. aku pakai darsi jerawatnya malah keluar semua, malah makin banyak meurut kamu gimana ???
    emang ini proses penyembuhannya atau bukan ?
    tapi sekarang aku udah mulai stop minum darsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik distop aja konsumsi darsinya. aku ga berani bilang kalau itu proses penyembuhannya atau bukan, mungkin ada bahan yang ga cocok di kamu.

      Delete
  8. Halo, mohon izin untuk mengangkat kisah pengalaman Anda di blog saya, ya...
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  9. pengen ikutan nyobain darsi tp takut kalo gak cocok -_-
    udah capek dengan jerawat jg -_-

    ReplyDelete
  10. Masa purbertas kayaknya yun hehe :D saya juga jerawatan usia 20 tahun, saya konsumsi obat darsi di pagi dan malam hari, terus saya juga konsumsi obat doxycline di siang hari, saya make mediklin yg topical di botol untuk di pagi hari, dan mlm hari'a dikasih cream mlm dari dokter spesialis kulit rs.bhakti asih, allhamdullilah udh mendingan sisa bekasnya nyamar di kulit tipis tipis, sebelumnya jerawatku parah besar besar sama merah merah, yah itu pengalaman ku' ^_^

    ReplyDelete
  11. Masa purbertas kayaknya yun hehe :D saya juga jerawatan usia 20 tahun, saya konsumsi obat darsi di pagi dan malam hari, terus saya juga konsumsi obat doxycline di siang hari, saya make mediklin yg topical di botol untuk di pagi hari, dan mlm hari'a dikasih cream mlm dari dokter spesialis kulit rs.bhakti asih, allhamdullilah udh mendingan sisa bekasnya nyamar di kulit tipis tipis, sebelumnya jerawatku parah besar besar sama merah merah, yah itu pengalaman ku' ^_^

    ReplyDelete
  12. Kalo gue pake bawang putih, diblender.trus di oles dimuka . Alhamdulillah hasilnya

    ReplyDelete
  13. Kalo gue pake bawang putih, diblender.trus di oles dimuka . Alhamdulillah hasilnya

    ReplyDelete
  14. pake bawang putih bukannya panas ya? kulit jadi terbakar

    ReplyDelete
  15. Boleh tanyak?buat 16 taun dan kulit sensitif sama gak bisa pkek apa2 minum darsi aman gak ya?

    ReplyDelete
  16. Boleh tanyak?buat 16 taun dan kulit sensitif sama gak bisa pkek apa2 minum darsi aman gak ya?

    ReplyDelete
  17. hai aku juga pernah ngalamin ini dan rasanya gak enak banget:') kalau km gak keberatan bisa baca di blog ku http://irbahnuranisah.blogspot.co.id/2016/12/my-acne-story.html

    ReplyDelete
  18. Sama banget nih mba, saya juga udah pusing banget gimana sembuhinnya, pengalaman kita hampir sama huhuu

    ReplyDelete
  19. Mbak kita lahir ditahun yg sama kyknya 94 dan tahi lalatnya persis bnged shock

    ReplyDelete
  20. Cara make jeruk nipisnya gmana teh? Langsung ditempelin aja kah, atau diperes dulu baru diolesin?

    ReplyDelete
  21. Kak itu ngilangin bekas jerawatnya gmn yg udh item2????

    ReplyDelete
  22. wahh hasilnya jadi bagus banget ya kak, jerawatnya hilang secara bertahap..

    ReplyDelete
  23. Saya juga pake darsi, pas awal minum jrawat kluar smua,tp bsok ny langsung kering dan kmpes

    ReplyDelete
  24. Saya juga pake darsi, pas awal minum jrawat kluar smua,tp bsok ny langsung kering dan kmpes

    ReplyDelete
  25. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/jerawatan-hilang-lho-dengan-cara-ini/

    ReplyDelete